Posted in Berita, Tanpa kategori

Bagaimana Sih Pengawet Makanan Itu Menjaga Makanan Tetap Awet dan Segar?

makanan

Pengawet mungkin memang sesuatu yang tidak bagus apalagi buat kesehatan, tapi mereka benar-benar kunci untuk sebagian besar makanan kita tetap segar dan aman dikonsumsi. Berikut adalah bagaimana mereka bekerja, dan apa yang harus Anda tahu tentang mereka ketika Anda melihat mereka pada label makanan.

Kebanyakan pengawet fokus pada dua alasan utama makanan memburuk: mikroba (jamur, bakteri) dan oksidasi. Menciptakan lingkungan yang tidak ramah untuk mikroba adalah salah satu cara untuk mengusir mereka pergi. Metode tradisional meliputi acar, fermentasi dan pengasinan.

Sementara metode tradisional ini masih digunakan hari ini, pengawet buatan juga sering digunakan untuk memperpanjang kehidupan atau istilahnya masa kadaluarsa dari makanan. Asam buatan menjaga mikroba untuk tumbuh dan berkembang, termasuk asam benzoat dalam saus salad dan asam propionat.

Adapun oksidasi, ada juga tradisional (diasap) dan modern (BHT, vitamin E) metode antioksidan. Keduanya berhenti tengik rasa dari berkembang dalam makanan seperti minyak, keju, dan sereal.

Sitrat dan asam askorbat berhenti makanan dari mengubah coklat, dan memperlambat reaksi enzim yang mengarah ke pembusukan. Pokoknya pengawet makanan memang berguna sekali untuk menjaga makanan yang kita miliki tetap segar dan tidak busuk. hanya saja kalau bisa pilih yang alami saja supaya baik untuk tubuh kita

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s